JAKARTA: Masjid Istiqlal




SIAPA TAK MENGENAL Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara ini? Masjid Istiqlal memang kerap dipadati masyarakat Ibukota maupun luar kota, terutama saat hari-hari besar karena kemegahan dan letaknya yang strategis di tengah-tengah pusat Kota Jakarta. Lokasinya berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Gambir dan Lapangan Monumen Nasional (Monas).


Masjid yang memiliki arsitektur memukau ini ternyata dirancang oleh seorang arsitek keturunan Batak dan beragama kristiani bernama Frederich Silaban, yang juga perancang bangunan dari Gedung BNI 46, Monas, dan Gelora Bung Karno. Diresmikan pada tahun 1978, Masjid Istiqlal hingga kini mampu menampung sekirar 200.000 jamaah sekaligus. Tidak heran, masjid yang satu ini sering, dan bahkan selalu dijadikan tempat di mana kegiatan keagamaan nasional dirayakan dan disiarkan secara langsung melalui TVRI dan beberapa stasiun televisi lainnya.

Meski bukan termasuk salah satu masjid tertua di Jakarta, namun Masjid Istiqlal mempunyai sejarah unik seputar pendiriannya. Masjid Istiqlal dibangun atas prakarsa beberapa tokoh nasional, seperti Agus Salim dan Wahid Hasyim. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SERUI – PAPUA: Masjid Agung Darussalam

THAIF-MAKKAH: Masjid Kuk, Jejak Mukjizat Rasulullah

Jawa Barat: Masjid As-Saadiah Rahman, Kota Depok